Jumat, 12 Oktober 2018

Perkuat Peran Aparat, Desa Homa Gelar Bimtek Tugas dan Fungsi RT/RW

Foto: Jhanes Harry
Dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan desa terutama dari sisi SDM aparatur, Desa Homa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Pejabat RW dan RT di desa tersebut. Kegiatan yang berlangsung sehari penuh pada hari Jumad (12/10) ini dihadiri pula oleh Sekretaris Camat Adonara Barat.
"Desa Homa adalah desa pertama di lingkup Kecamatan Adonara Barat yang peduli dengan peningkatan kapasitas aparatur setingkat RW dan RT," ungkap Sekcam Adonara Barat, Jhanes Harry, di akun media sosialnya.
Ia mengatakan, peran serta RT dan RW dalam pembangunan Desa amatlah vital. RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa, mereka adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan pemerintah desa, daerah maupun nasional dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, berada di tengah konflik masyarakat sehingga merekalah yang memiliki pemahaman lebih terhadap skala permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat.
"Pengurus RT/RW berperan aktif dalam mendukung visi dan misi pembangunan pemerintah daerah. RT/RW mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan sesuai mekanisme yang berlaku, dan RT/RW berperan penting dalam pengumpulan dana masyarakat baik pajak maupun non pajak," demikian ungkap Jhanes. (Teks: Jhanes Harry, Edit: Simpet)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar